Delay
adalah hal paling seru buat gue. Liat wajah-wajah panik. Petugas yang bingung
karena kena omelan. Bagi gue pribadi ini sih nggak fair. Yang namanya delay kan pasti punya alasan,
apalagi kalo demi masalah keselamatan penumpang. Masak cuaca buruk pesawat
tetep suruh terbang. Kasihan juga groundhandling nya. Mereka cuma kerja
ngejalanin perintah dari atasan. Kalo mau marah ya penumpang marah aja komplain
ke cuacanya!
Tapi
ada satu hal yang sangat gue sukai waktu delay, apalagi kalo sampe lebih dari
sejam. Mwahaha! Tidak lain tidak bukan, ahahaha, pasti kecipratan makan siang
cuma-cuma. Hehe. Suer petugasnya baik-baik dab! Nawarin gitu. Tapi kita sebagai
anak OJT pasti nggak enakkan kalo langsung oke-oke aja ikut makan. Secara posisinya
disitu kan
numpang. Dikasih tempat aja udah makasih banget. Plus kadang kalo pesawat delay
diberi makan pula. Hmm. Ckckck. Coba kalo sering yak. Wuikikiik!
Lewat
tulisan ini gue pingin ngucapin makasih banget buat Bli Mega dan Mbok Iga. Dua
orang yang super baik ngebantu waktu gue OJT disana. Petugas gapura lainnya
juga baik sih. Tapi suer, dua orang itu yang selalu bikin gue semangat kalo
lagi down abis. Jenuh. Mereka Sabar. Perhatian. Kalo yang lain nawarin makanan,
mereka nggak. Tapi langsung ngambilin makan buat kita. Gue salut banget. Kebaikan
mereka nggak bakal bisa gue lupain. Hiks hiks.
Bli
Mega orangnya kocak. Lucu. Imut-imut. Dari awal kita kenal beliau yang aktif
tanya ini itu. Ngasih wejangan. Sedangkan Mbok Iga, gue ketemu dia waktu pertama
kali masuk OJT. Gue yang geblex dan lola dengan sabar diajarin banyak hal. Kalo
dalam hal ajar mengajari gue juga dapet dari Bli Ari, orang Garuda langsung
yang gokil abis. Dia yang selalu ngingetin gue kalo lagi salah kostum pake
celana mirip jeans buat OJT. Pokoknya banyak lah petugas-petugas sana yang care.
Termasuk
cleaning service yang suka nongkrong nemenin gue duduk di kursi depan mushola.
Entah siapa nama ibu itu. Yang jelas, kalo ngomong semangatnya berapi-api.
Topik yang kita obrolin seputar perjuangan anaknya agar bisa kuliah. Gue yang
denger ikut bangga. Salut.
Selain
ibu itu gue belajar hidup dari seorang Avsec yang lagi-lagi gue juga nggak tahu
namanya. Payah kan.
Gue bisa ngobrol sama bapak avsec itu karena dia suka sholat di mushola kalo
pas lagi agak nyantai kerjanya. Beliau cerita kalo dulunya punya usaha spa di
beberapa tempat. Hingga akhirnya bangkrut dan beliau jadi avsec bandara. Beliau
kumpulin duit, rela hidup seadanya di Bali,
buat bangun rumah di masa tua di Jawa Timur. Gue meringis. Sedangkan gue ? nggak
sedikitpun punya cerita yang WOW gitu.
Pelajaran
emang banyak kita temuin dimana aja. Dari siapa. Bahkan dari seorang
bapak-bapak penumpang yang nggak sengaja gue ketemu dia di mushola habis
sholat. Beliau tau gue anak OJT. Dikasih nasehat dari A-Z. Terutama harus jaga
diri baik-baik di Bali. Gue ngangguk-angguk.
Sok paham. Padahal aslinya ngantuk. Hehe. Dia nggak pernah tau, petuah tulus
itu ngena banget di hati gue. Sampe-sampe, suer gue terharu.
Oke
well, kita balik lagi ke delay. Sory deh, keinget delay dan makan, emang
ngebuat gue langsung inget juga sama Bli Mega dan Mbok Iga. Hehe.
Waktu
itu penerbangan ke Kupang. Gue shock liat ekspresi para penumpangnya. Ini
pertama kali gue nyaksiin wajah orang-orang esmosi segitu banyaknya. Dan
ekstrim kedua, juga terjadi saat tujuan ke Jakarta. Di hari yang sama. Salah satu
penumpang yang komplain gue rasa adalah Vino G. Sebastian. Soalnya mirip
banget. Beda banget sikapnya sama Mario Lawalata waktu gue di Lost and Found
yang senyumnya selalu merekah manis. Bikin hati kinyis-kinyis. Tapi gue maklum.
Mungkin keadaan dan jam terbang yang tinggi bikin emosi seseorang nggak
terkontrol. Sabar deh ya Mas Vino J
Disitu
nggak cuma ada penumpang. Tapi juga kameramen sebuah tv swasta. Gilaa. Ditengah
amuk massa
(baca: komplain), tuh kameramen sempet-sempetnya ngambil gambar! Gue yang habis
ikut bantu boarding, tau-tau keluar dari pintu, di gate udah rame banget. Nyali
gue ciut ngeliat orang marah-marah ke petugas. Gue bersyukur pake baju putih
item doank. Saat-saat seperti ini gue ikhlas banget deh kalo disebut penjaga
mushola, nggak apa-apa, bener. Hehe. Daripada ntar kena bogem mentah. Horor.
Supervisornya sampe dipanggil. Tapi para penumpang ngeyel pinginnya minta
penjelasan langsung dari pihak maskapai. Hiii…
Gue
cuma bisa duduk dikursi depan mushola deket gate 17. Lagian sebagai anak OJT,
gue bisa bantu apa sih. Apa gue pura-pura pingsan aja kale yak buat ngalihin
perhatian mereka. Ya kalo ditolong, trus suasana jadi adem lagi. Tapi kalo gue
dicuekin gimana. Pasti garing banget. Dan
gue bakal ngerasa nggak keren!
Disebelah
gue duduk bapak-bapak yang sebelumnya sering gue lihat juga pake jasa maskapai
ini. Mungkin sosok gue udah familiar buat dia. Hiiiaaa. Perasaan gue langsung
nggak enak. Penyamaran gue sebagai tukang jaga mushola kayaknya nggak mempan
lagi. Soalnya kemarin gue ikut bantu dia boarding tujuan Jogja. Muka gue jadi
kayak tomat. Pucet. Gue bakal ikut kena omelan nih. Dan bener…
“
Katanya maskapai nasional kok delay lama banget “
Kata bapak tadi
sengak. Nyebelin. Gue celingukkan. Barangkali ada orang lain yang diajak dia
bicara. Ternyata nggak ada sodara-sodara! Dan itu berarti arah pembicaraannya
ke gue donk! Hiks hiks. Help me, help me. Jangan komplain ke saya. Saya cuma penjaga
mushola. Huuuuaaa.
“
Yang ngoperasiin maskapai juga manusia, Pak! Udah tunggu aja., bawel banget sih
“, jawab gue. Tentunya dalam hati. Gue cuma senyum. Pasti tuh bapak-bapak ngira
gue petugasnya.
“
Kalo begini jadwal saya jadi tertunda semua. Gimana sih “ Katanya lagi. Gue
mengkeret.
“
Emang gue pikirin. Makanya sabar aja dulu. Orang sabar disayang Tuhan. Apalagi
sama saya! “ jawab gue, masih tetep dalam hati.
“
Nanti sampai jam berapa, Mbak ? kapan berangkat ? yang jelas donk petugasnya
kasih info. Nggak profesonal banget sih maskapainya “
Dia gondok. Gue
apalagi. Akhirnya, gue ikut nafsu balik ngomelin dia!
“
Maaf bapak, saya tidak tahu. Saya bukan petugas. Saya cuma anak magang. Kalo
mau info jelas, silahkan ikut antri komplain disana “
Gue bener-bener
kesel. Bapak itu diam. Kayaknya kaget juga denger pernyataan gue yang setengah
esmosi.
“
Oh, maaf, mbak, maaf. Saya kira petugasnya. Habisnya, masak sudah nunggu hampir
tiga jam belum ada announcement lagi “
Muka bapak itu
lebih ramah. Gue senyum kecut. Sekecut ketek gue yang berondongan keringat
karena kejadiin ini bikin kelenjar adrenalin gue sekarat.
Tapi eits, tiga
jam delay ? whatsss ? nggak salah ?
“
Memang bapak tujuannya kemana ? disini delay tapi belum ada dua jam kok “
Bapak itu mulai
kebingungan.
“
Jogja Mbak “
Gue melongo.
Kena deh lu!
“
Ya ampun bapak, yang delay itu tujuan Jakartaaaaa…!! “
Mendadak
wajah bapak itu tegang. Tangannya ngeluarin kertas dari saku rompi. Dia
tunjukkin tiket itu ke gue. Dan apa yang terjadi sodara-sodara!....
“
Lho, Pak. Ini kan
tiket untuk maskapai sebelaaaah…!!!! “
Gue mendidih.
Bapak itu nyengir. Kalo keinget dia ngomel kayak tadi rasanya pingin ngelempar
lewat jendela. Huhh!
“
Owh, iya bener mbak. Hehe. Maaf mbak. Biasanya saya kan naik maskapai ini, jadi sampe kelupaan
kalo naik yang lain. Ya sudah saya permisi mau nunggu boarding disana saja,
mbak. Mariii…“
Bapak itu bawa
kopernya dengan muka merah. Malu. Melangkah pergi seperti tanpa dosa.
Aaaaaaaarghh!
Rasanya gue pingin meledak!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar