Halaman

Sabtu, 24 Desember 2011

Delay




Delay adalah hal paling seru buat gue. Liat wajah-wajah panik. Petugas yang bingung karena kena omelan. Bagi gue pribadi ini sih nggak fair. Yang namanya delay kan pasti punya alasan, apalagi kalo demi masalah keselamatan penumpang. Masak cuaca buruk pesawat tetep suruh terbang. Kasihan juga groundhandling nya. Mereka cuma kerja ngejalanin perintah dari atasan. Kalo mau marah ya penumpang marah aja komplain ke cuacanya!

Tapi ada satu hal yang sangat gue sukai waktu delay, apalagi kalo sampe lebih dari sejam. Mwahaha! Tidak lain tidak bukan, ahahaha, pasti kecipratan makan siang cuma-cuma. Hehe. Suer petugasnya baik-baik dab! Nawarin gitu. Tapi kita sebagai anak OJT pasti nggak enakkan kalo langsung oke-oke aja ikut makan. Secara posisinya disitu kan numpang. Dikasih tempat aja udah makasih banget. Plus kadang kalo pesawat delay diberi makan pula. Hmm. Ckckck. Coba kalo sering yak. Wuikikiik!

Lewat tulisan ini gue pingin ngucapin makasih banget buat Bli Mega dan Mbok Iga. Dua orang yang super baik ngebantu waktu gue OJT disana. Petugas gapura lainnya juga baik sih. Tapi suer, dua orang itu yang selalu bikin gue semangat kalo lagi down abis. Jenuh. Mereka Sabar. Perhatian. Kalo yang lain nawarin makanan, mereka nggak. Tapi langsung ngambilin makan buat kita. Gue salut banget. Kebaikan mereka nggak bakal bisa gue lupain. Hiks hiks.

Bli Mega orangnya kocak. Lucu. Imut-imut. Dari awal kita kenal beliau yang aktif tanya ini itu. Ngasih wejangan. Sedangkan Mbok Iga, gue ketemu dia waktu pertama kali masuk OJT. Gue yang geblex dan lola dengan sabar diajarin banyak hal. Kalo dalam hal ajar mengajari gue juga dapet dari Bli Ari, orang Garuda langsung yang gokil abis. Dia yang selalu ngingetin gue kalo lagi salah kostum pake celana mirip jeans buat OJT. Pokoknya banyak lah petugas-petugas sana yang care.

Termasuk cleaning service yang suka nongkrong nemenin gue duduk di kursi depan mushola. Entah siapa nama ibu itu. Yang jelas, kalo ngomong semangatnya berapi-api. Topik yang kita obrolin seputar perjuangan anaknya agar bisa kuliah. Gue yang denger ikut bangga. Salut.

Selain ibu itu gue belajar hidup dari seorang Avsec yang lagi-lagi gue juga nggak tahu namanya. Payah kan. Gue bisa ngobrol sama bapak avsec itu karena dia suka sholat di mushola kalo pas lagi agak nyantai kerjanya. Beliau cerita kalo dulunya punya usaha spa di beberapa tempat. Hingga akhirnya bangkrut dan beliau jadi avsec bandara. Beliau kumpulin duit, rela hidup seadanya di Bali, buat bangun rumah di masa tua di Jawa Timur. Gue meringis. Sedangkan gue ? nggak sedikitpun punya cerita yang WOW gitu.

Pelajaran emang banyak kita temuin dimana aja. Dari siapa. Bahkan dari seorang bapak-bapak penumpang yang nggak sengaja gue ketemu dia di mushola habis sholat. Beliau tau gue anak OJT. Dikasih nasehat dari A-Z. Terutama harus jaga diri baik-baik di Bali. Gue ngangguk-angguk. Sok paham. Padahal aslinya ngantuk. Hehe. Dia nggak pernah tau, petuah tulus itu ngena banget di hati gue. Sampe-sampe, suer gue terharu.

Oke well, kita balik lagi ke delay. Sory deh, keinget delay dan makan, emang ngebuat gue langsung inget juga sama Bli Mega dan Mbok Iga. Hehe.

Waktu itu penerbangan ke Kupang. Gue shock liat ekspresi para penumpangnya. Ini pertama kali gue nyaksiin wajah orang-orang esmosi segitu banyaknya. Dan ekstrim kedua, juga terjadi saat tujuan ke Jakarta. Di hari yang sama. Salah satu penumpang yang komplain gue rasa adalah Vino G. Sebastian. Soalnya mirip banget. Beda banget sikapnya sama Mario Lawalata waktu gue di Lost and Found yang senyumnya selalu merekah manis. Bikin hati kinyis-kinyis. Tapi gue maklum. Mungkin keadaan dan jam terbang yang tinggi bikin emosi seseorang nggak terkontrol. Sabar deh ya Mas Vino J

Disitu nggak cuma ada penumpang. Tapi juga kameramen sebuah tv swasta. Gilaa. Ditengah amuk massa (baca: komplain), tuh kameramen sempet-sempetnya ngambil gambar! Gue yang habis ikut bantu boarding, tau-tau keluar dari pintu, di gate udah rame banget. Nyali gue ciut ngeliat orang marah-marah ke petugas. Gue bersyukur pake baju putih item doank. Saat-saat seperti ini gue ikhlas banget deh kalo disebut penjaga mushola, nggak apa-apa, bener. Hehe. Daripada ntar kena bogem mentah. Horor. Supervisornya sampe dipanggil. Tapi para penumpang ngeyel pinginnya minta penjelasan langsung dari pihak maskapai. Hiii…

Gue cuma bisa duduk dikursi depan mushola deket gate 17. Lagian sebagai anak OJT, gue bisa bantu apa sih. Apa gue pura-pura pingsan aja kale yak buat ngalihin perhatian mereka. Ya kalo ditolong, trus suasana jadi adem lagi. Tapi kalo gue dicuekin  gimana. Pasti garing banget. Dan gue bakal ngerasa nggak keren!

Disebelah gue duduk bapak-bapak yang sebelumnya sering gue lihat juga pake jasa maskapai ini. Mungkin sosok gue udah familiar buat dia. Hiiiaaa. Perasaan gue langsung nggak enak. Penyamaran gue sebagai tukang jaga mushola kayaknya nggak mempan lagi. Soalnya kemarin gue ikut bantu dia boarding tujuan Jogja. Muka gue jadi kayak tomat. Pucet. Gue bakal ikut kena omelan nih. Dan bener…

“ Katanya maskapai nasional kok delay lama banget “
Kata bapak tadi sengak. Nyebelin. Gue celingukkan. Barangkali ada orang lain yang diajak dia bicara. Ternyata nggak ada sodara-sodara! Dan itu berarti arah pembicaraannya ke gue donk! Hiks hiks. Help me, help me. Jangan komplain ke saya. Saya cuma penjaga mushola. Huuuuaaa.

“ Yang ngoperasiin maskapai juga manusia, Pak! Udah tunggu aja., bawel banget sih “, jawab gue. Tentunya dalam hati. Gue cuma senyum. Pasti tuh bapak-bapak ngira gue petugasnya.

“ Kalo begini jadwal saya jadi tertunda semua. Gimana sih “ Katanya lagi. Gue mengkeret.
“ Emang gue pikirin. Makanya sabar aja dulu. Orang sabar disayang Tuhan. Apalagi sama saya! “ jawab gue, masih tetep dalam hati.

“ Nanti sampai jam berapa, Mbak ? kapan berangkat ? yang jelas donk petugasnya kasih info. Nggak profesonal banget sih maskapainya “
Dia gondok. Gue apalagi. Akhirnya, gue ikut nafsu balik ngomelin dia!
“ Maaf bapak, saya tidak tahu. Saya bukan petugas. Saya cuma anak magang. Kalo mau info jelas, silahkan ikut antri komplain disana “
Gue bener-bener kesel. Bapak itu diam. Kayaknya kaget juga denger pernyataan gue yang setengah esmosi.

“ Oh, maaf, mbak, maaf. Saya kira petugasnya. Habisnya, masak sudah nunggu hampir tiga jam belum ada announcement lagi “
Muka bapak itu lebih ramah. Gue senyum kecut. Sekecut ketek gue yang berondongan keringat karena kejadiin ini bikin kelenjar adrenalin gue sekarat.
Tapi eits, tiga jam delay ? whatsss ? nggak salah ?

“ Memang bapak tujuannya kemana ? disini delay tapi belum ada dua jam kok “
Bapak itu mulai kebingungan.
“ Jogja Mbak “
Gue melongo. Kena deh lu!
“ Ya ampun bapak, yang delay itu tujuan Jakartaaaaa…!! “

Mendadak wajah bapak itu tegang. Tangannya ngeluarin kertas dari saku rompi. Dia tunjukkin tiket itu ke gue. Dan apa yang terjadi sodara-sodara!....

“ Lho, Pak. Ini kan tiket untuk maskapai sebelaaaah…!!!! “
Gue mendidih. Bapak itu nyengir. Kalo keinget dia ngomel kayak tadi rasanya pingin ngelempar lewat jendela. Huhh!

“ Owh, iya bener mbak. Hehe. Maaf mbak. Biasanya saya kan naik maskapai ini, jadi sampe kelupaan kalo naik yang lain. Ya sudah saya permisi mau nunggu boarding disana saja, mbak. Mariii…“
Bapak itu bawa kopernya dengan muka merah. Malu. Melangkah pergi seperti tanpa dosa.
Aaaaaaaarghh! Rasanya gue pingin meledak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar