Halaman

Sabtu, 24 Desember 2011

Penjaga Mushola



Baru sehari gue sampai di Bali, gue udah harus nyari kost-kostan. Gilaa man! Perbulan rata-rata bisa dua sampai empat kalinya sewa kost di jawa! Gue bener-bene shock. Akhirnya pilihan gue jatuh di tre..reeeeenggg…! Kostnya Bu Agung: Jln Mandala No. 2. Gue maklum kalo mahal. Tempatnya emang lumayan deket dari bandara. Gue pasrah aja. Kamar mandi diluar pula. Itu berarti gue harus siap nerima resiko antri mandi tiap harinya.

Tetangga-tetangga gue ternyata kebanyakan orang jawa. Dan karena bersebab inilah gue jadi nggak bisa-bisa belajar bahasa Bali. Dari blok depan, yang gue tahu cuma satu keluarga yang asli orang sini. Si kecil Made, bapak, dan kakaknya, Putra. Kasihan, nyokapnya udah nggak ada. Kebetulan kamar mereka sebelah gue. Made sama anak-anak kecil lainnya juga suka main ke kamar gue. Dan inilah yang bikin gue mulai betah. Banyak anak kecil!

Nindy, yang masih umur satu tahun, badannya montok. Bikin gue gemes banget. Juan yang cakep, mirip china. Suka foto genik. Rambutnya dibikin kayak Ricky Harun, dan kalo pergi kemana aja pake sandal (selama hampir dua bulan kost disana gue nggak pernah liat Juan jalan nyeker diatas tanah!), nggak lupa juga suka pake kacamata sambil ngomong-ngomong nggak jelas, lari-lari. (Ibunya Juan ini mirip banget sama Iis Dahlia!). Dan terakhir Opik. Dia paling pemalu dan ngalah.

Well, tetangga-tetangga gue orangnya baik-baik. Ramah. Tapi sayang kebanyakan para cowok, masih lajang pula. Manis-manis. Kalo Nita disini pasti udah ngecengin mereka. Hohoho. So, anggota ngerumpi gue cuma sama ibu-ibu. Gue deket sama yang baru jadi pengantin baru, mbak Iwin namanya. Gue juga sering curhat-curhatan sama dia. Pokoknya baiklah. Ya iyalah. Dia kan yang paling suka nawarin makan. Xexexe..

Disana gue juga baru tahu kalo kopi itu seperti candu. Gilaa, nggak pagi, nggak siang, nggak malam, pada minum kopi! Pak dan Bu Febri yang baik hati selalu nawarin air panas buat bikin kopi. Tapi gue tetep belum bisa ngikutin gaya hidup mereka. Kopi, oh, kopi…

Gue OJT nggak sendiri. Ada si Victor temen satu kampus tapi beda cabang. Kita ketemunya juga baru pas pertama kali di kantor gapura. Gue kira orangnya ngeselin, tapi aslinya dia baik banget. Sama-sama diperantauan kali yak. Jadi saling bantu. Hari pertama ke kantor gapura ternyata nggak semulus yang gue duga. Kita disuruh nunggu sembilan jam disana! Dianggurin! Gue udah ngerasa mati gaya. Sampai akhirnya kita disuruh buat pas bandara. Dan percaya ato tidak, sodara-sodara! Hampir dua minggu kami nunggu pas bandara baru bisa keluar!

Akhirnya setelah pas bandara itu jadi kita bisa langsung OJT. Ditempatin di gate 17. Bantu-bantu boarding. Apes. Jam kerjanya juga normal seperti karyawan biasa. Pas nggak ada pesawat boarding kita lumayan bisa nyantai. Gue sendiri suka duduk-duduk didepan mushola, kebetulan deket banget sama gate 17. Karena itu dan gue berkerudung pula, makanya penumpang sering ngira kalo gue yang tukang jaga mushola! Huuuuaaaaa…!!

Gue pribadi sih nggak masalah. Tapi repot juga kalo mereka tanya jam sholat. Jujur aja gue nggak ngerti detail. Biasanya gue sholat kalo pas selesai boarding dan itu mundur setengah jam. Emang agak ribet sih. Tapi biar bagaimanapun gue tetep nggak boleh ninggalin sholat. Tiga kali bolong, bisa dicap murtad man! (kata guru SMA gue sih).

“ Mbak, sudah dzuhur ya ? “
“ Sepertinya sudah masuk waktu sholat, Pak “
“ Jam ini kelewat menit ini ya ? “
“ Yah mungkin, Pak “
“ Wah berarti masih kurang dua menit, saya sholat nggak apa-apa kali ya. Nanti keburu boarding “

Saat-saat seperti itu gue pingin teriak ke pihak bandara untuk segera nempelin jadwal waktu sholat! Belum lagi harus berapa kali gue nunjukin dimana toilet ke penumpang yang mau sholat. (padahal udah jelas-jelas ada tulisannya TOILET).

“ Sandalnya boleh dipinjam ? “
“ Wudhu disana ya, Mbak ? “
“ Kok campur toilet sama tempat wudhunya, gimana sih !? “
Arrgh! Gue hampir meledak. Kenapa protes ama gue, tanya yang bangun bandara nya donk! Huh..
Suatu hari ada cowok Arab. (saat itu gue udah nggak norak lagi liat artis sama bule, hehe. Jadi pas tuh Arab datang, gue biasa aja. Nggak heboh lagi). Karena hoby senyum, tiap orang yang permisi mo ke mushola gue kasih bonus senyum ramah. Akhirnya, gue perfect sudah jadi penjaga mushola!

Cowok Arab itu udah selesai sholat. Duduk di sebelah gue. Dia senyum. Gue bengong. Habisnya dia ngajak ngobrol pake bahasa Arab. Gue tanggepin sebisanya. Gue ganti pake bahasa inggris (yang seadanya), dia mungkin sadar kalo nggak seharusnya gunain bahasa inggris biar gue ngerti (padahal pake bahasa inggris juga nggak ada jaminan kalo gue bakal ngerti). Cowok Arab itu beralih ke bahasa inggris. Tiba-tiba dia nyodorin dua buah buku agama ke gue. Mungkin yang baru dibeli dari artshop sambil nunggu boarding.

“ for me ? “ gue bingung.
“ yeah, plis take care.. “

Habis itu dia pergi. Dua buku itu gue bolak-balik. Gue sih makasih-makasih aja. Tapi kok ya kebangetan! Asal anda tahu saja sodara-sodara! Seluruh isinya pake huruf arab gundul nggak ada terjemahannya! Hebat. Gimana gue bisa bacaaaaa….?!???? Mungkin dikiranya mentang-mentang penjaga mushola pasti bisa bahasa Arab!. Huuuuaaaaa….!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar