Halaman

Sabtu, 24 Desember 2011

Liputan Kecil

Pertengahan bulan Juni kemarin gue OJT di Bali. Aslinya sekalian pingin jalan-jalan. Mumpung ada beberapa saudara disana. Pikiran gue langsung melayang-layang ke nepotisme. Lumayan, secara gue bisa agak ngirit dikit kalo numpang. Plus denger-denger tante gue yang di Sesetan punya bengkel rias mobil lumayan besar disana. Karyawannya juga nggak sistem nginep, jadi kamarnya bisa gue tempatin dulu. Hehehe.
Tapi naas, yang namanya niat jelek tuh nggak bakal kesampaian. Dan bener sodara-sodara! Bandara Ngurah Rai cukup jauh sama rumah tante-tante gue. Nyari kendaraan umum juga susah. PP pake taksi ? mustahil! Gue bisa-bisa jadi gelandangan dalam hitungan hari. Bagus. Akhirnya gue tetep cari kost-kostan. Ide pengiritan,gue buang sejauh-jauhnya! Gue pasrah.
Ini memang bukan pertama kalinya gue ke sorga dunia yang terakhir itu. Tapi tetep aja, gue sama nyokap norak banget waktu liat banyak gapura-gapura yang gede di depan rumah penduduk. (ehm, sekedar review: gue ke Bali sama nyak babe. Gue yakin dibalik niat mereka yang katanya nggak tega ngeliat gue berangkat sendirian, terselubung pula niat pingin jalan-jalan. Hayo ngaku! Hayo ngakuuu!!). Kebetulan gue pake bus malam. Lumayan lux juga pelayanannya. Tapi gue tetep nggak suka. Gue hoby mabuk darat!
“ Tiket pesawat lagi mahal. Apalagi Adi Sumarmo nggak buka penerbangan ke Bali. Harus lewat Jogja. Nanti kalo kamu berangkat sendiri, yang jemput di bandara sama yang nganter nyari kost siapa “ begitu kata babe. Gue nurut aja. Padahal gue yakin 100%, kalo kakak ponakan gue Andrik bakal siaga. Walaupun dia lagi kerja juga kalo diultimatum bonyok pasti langsung berangkat.
“ Ndrik, jemput Diona ya ?”
“ Siap “
“ Anter ponakanmu nyari kost ya ? “
“ Beres “
“ Si KD nikah sama Raul ya ? “
“ @$%!?? “
Hehe. Sory gue cuma bercanda. Yang jelas Mas Andrik sekeluarga tuh baek banget. Bonyok gue aja yang parno. Aslinya kalo naik pesawat kan otomatis mereka nggak bisa ikut, secara hitung aja bertiga berapa biaya PP nya. Kalo tujuan deket-deket sih murah, kadang harga diskon. Tapi ini ke Bali gitu lho. Diskon aja masih nyampai jutaan. So, Bus malam alternative satu-satunya, yang (bokap) kami pilih!
“ Nanti bisa liat lumba-lumba di laut “ batin gue. Nyeneng-nyenengin hati. Tapi gue ragu. Beneran ada lumba-lumba disana ? gimana kalo ikan hiu ? hiiiaa. Kumat hiperbolisnya lagi!
Didalam bus malam yang kami tumpangi, ada cewek bule nya juga. Kayaknya dari Jogja. Cuma pake singlet sama celana pendek. Tas ranselnya gede. Sempat gue mikir, barangkali isinya dollar. Tapi pikiran itu gue singkirin jauh-jauh. Buktinya dia naek bus juga kayak gue. Hahahiho. Gue seneng banget ngamatin dia. Secara ada bule disini gitu lho (tetep aja norak, padahal ntar di Kuta juga banyak Yan, Iyan! Malu-maluin tujuh turunan aja lu!). Apalagi pas nggak sengaja nyium bau badannya kalo lewat gitu di depan gue, astaga, gue mau muntah dab! Dalam benak mulai muncul pertanyaan-pertanyaan menyesatkan, hiiiaaa:
“ Kapan terakhir kali mandi, Jeng ? “
“ Nggak bersih yak mandinya ? “
“ Lupa nggak pake sabun yak ? “
“ Saya punya baygon nih, mau dicoba ? “
Gue pingin nanyain itu semua. Tapi sayang. Yang ada ntar malah gue digampar.
Perjalanan dilanjutkan. Setelah makan malam, semua langsung ngacir dan berdamai dialam mimpi masing-masing. Lampu dipadamin. Lagu-lagu yang sebelumnya diputar di VCD sudah beberapa jam tadi berhenti. Suasana hening. Nyokap yang duduk disebelah gue udah molor daritadi. Gue yang udah tidur duluan sekarang giliran bangun. Sepi. Gue nyalain ponsel, jam dua dini hari. Gue lirik kanan-kiri, deretan kursi belakang udah sunyi senyap. Kebetulan gue sama nyokap kebagian duduk di kursi paling depan. Yang masih idup sepertinya cuma gue sama pak sopir aja. Kernetnya ? noh, liat sana noh, ngorok kenceng banget di dekat kursi sebelah gue.
Gue nyoba mejamin mata. Tetep nggak bisa. Suasana diluar juga gelap gulita. Dimana-mana rimbunan pohon. Sesekali terdengar bunyi klakson dari satu dua kendaraan yang masih berani melintas. Nggak ada lampu jalan. Sumber penerangan satu-satunya cuma lampu bus. Para penumpang tetep lelap. Padahal kadang ban bus ngelindas lobang-lobang kecil dijalan. Alas roban sudah di depan mata. Gue begidik ngeri.
Menuju Ketapang, masih dalam lingkungan hutan, gue dikejutkan sesosok anak cowok didekat tugu kecil. Antara sadar dan nggak. Gue liat anak yang kira-kira seumuran ponakan gue kelas empat SD itu telanjang dada pake celana pendek dengan lumuran darah. Kali ini gue yakin gue nggak berhalusinasi gara-gara tadi kebanyakan ngemil kripik singkong balado nyokap! Hanya beberapa detik. Tiba-tiba aja Pak Supir beri sinyal lampu bus padahal nggak ada kendaraan yang lewat. Dihidupin lalu dimatiin lagi. Dan hasilnya sodara-sodara, anak lelaki itu ilang dalam sekejap! (plokk..plookkk..plooookkk… hebat! Fantastic! Amazing! Gue kok jadi kayak liat pertunjukkan sulap begini sih. Huhuhu).
Gue cuma diem. Otak gue jalan:
A: Hei, Yan! Apa yang lo liat barusan!
B: Ah, paling anak penduduk desa sana (gue masih posisi di Jawa Timur, udah mulai masuk daerah Ketapang).
A: Woy! Penduduk yang mana ? disekitar situ sepi nggak ada desa!
B: Hmm, yah barangkali anak lagi main ke hutan. (gue masih bersikap sok cool. Nenang-nenangin diri sendiri. Tapi emang nggak bisa mangkir kalo bulu kuduk gue merinding hiiii…)
A: Dasar geblek! Mana ada anak cowok jam dua dini hari main ke hutan (Tarzan aja masih asoy kelonan sama beruangnya) Diem lagi dipinggir jalan, berlumuran darah. Terus tiba-tibang ngilang nggak tahu rimbanya. Yakin lo, kalo yang barusan tadi manusia?!
B: Huuuuuaaaaaaaa……..!!
Well.
Oke. Gue nyerah. Tuduhan sementara anak tadi, ehm, S-E-T-A-N!
Tapi setidaknya gue boleh lega. Kayaknya buka gue doang yang ngeliat tuh anak cowok. Tapi Pak Sopir juga. Perasaan gue bilang gitu. Apalagi mendadak dia nyalain lampu nggak ada sebab muasalnya. Hari mulai berangsur pagi.
Solo-Bali, berapa jam gue lupa. Yang jelas mau ke pelabuhan Gilimanuk jam enam pagi. Gue ngantuk. Nyokap udah bangun. Begitu juga dengan bokap yang duduk dibelakang kami. Sebagian penumpang turun dari bus. Bokap ngikut. Menikmati suasana pagi di balkon kapal emang hal paling nyenengin. Lampu-lampu di pulau jawa terlihat kerlap-kerlip karena disana masih sekitar jam lima pagi. Belum ada matahari.
Gue milih duduk aja didalam bus sambil benerin selimut. Dingin ngebuat gue males. Apalagi gue masih ngantuk gara-gara kejadian semalam, nggak bisa bikin gue tidur lagi. Nyokap juga nggak turun ke kapal liat pemandangan luar. Pantes. Masih sibuk dandan rupanya. Gincu dipoles. Bedak ditabur. Padahal juga pada belum mandi. Sholat aja tayamum. Parah. Nggak elit banget kan. Gue masih males-malesan. Beberapa kali nguap. Tapi anehnya mata nggak bisa merem-merem juga. Kaca bus mengembun. Gue lap pake ujung jamper gue (ketahuan jorok kalo lagi kepepet. Xixixii..),
Gue liat dimana-mana hanya lautan. Air melimpah ruah. Ide bisnis gue muncul, gimana kalo diriin usaha WC disini. Biar nggak repot-repot nyedot, bersihin, kalo udah ‘si dia’ plung nyemplung kan tinggal say goodbye. Hilang jejak dibawa ombak. Dapet duit. Mwahahah! Sungguh ide berlian! Tapi bego-nya gue baru nyadar, ditengah laut kayak begini siapa yang bakalan pake jasa WC umum?!
Mata gue masih sibuk ngeliatin laut. Sialnya yang gue cari juga lagi nggak ada: Christian Sugiyono! Oh, salah. Maaf-maaf pemirsa, maksud saya si lumba-lumba. Ke bego-an gue kedua yang berhasil dideteksi sementara adalah: Baru inget! kemarin gue liat lumba-lumbanya di Pantai Lovina, bukan disini!! Gue bengong. Apes. Sementara kapal terus merapat ke pelabuhan. Gue girang. Agak terharu. Akhirnya keliatan juga tulisan gede-gede yang isinya ngucapin selamat datang di Pelabuhan Gilimanuk. Hiiiaaa….gue sampe B-A-L-I man!
Nyokap : Lebay Lu!
Xexe..
Petualangan gue resmi dibuka! Tueengggg…..!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar